• 085345344887
  • cukk93@gmail.com

Malam keakraban atau dikenal dengan singkatan Makrab aktivis CU Sekota Sintang. Tahun ini merupakan tahun yang keempat dan yang menjadi tuan rumah adalah CU Usaha Kita. Kegiatan yang diketuai Oleh Fransiskus Liman dari CU Tri Tapang Kasih ini dilaksanakan di gedung Bina Remaja kompleks Seminari Yohanes Maria Vianney Teluk Menyurai Sintang pada tanggal 14 s/d 15 Juli 2018. Sebanyak 9 CU yang bergabung dalam acara Makrab ini yaitu CU Usaha Kita, CU Tri Tapang Kasih, CU Keling Kumang, CU Lantang Tipo, CU Bima, CU Pancur Kasih, CU Semarong, CU Tepian Taduh dan CU Sabhang Utung.

Makrab tahun ini bertemakan “Maju dalam Kebersamaan”. Tujuan diusung tema ini untuk mempererat kebersamaan dan persatuan antar aktivis CU Sekota Sintang. Tuan rumah penyelengaran Makrab setiap tahunnya selalu berbeda. Pertama kali diadakan Makrab yang menjadi tuan rumah adalah CU Keling Kumang, ke dua yang menjadi tuan rumah adalah CU Bima, ke tiga yang menjadi tuan rumah adalah CU Lantang Tipo, di susul pada tahun 2018 Makrab ke empat yang menjadi tuan rumah adalah CU Usaha Kita. Makrab pada tahun ini berbeda dari Makrab sebelumnya, pada kesempatan kali ini kegiatan Makrab di bagi menjadi dua bagian yaitu In Class dan Outbound. In Class dilaksanakan pada hari pertama di mulai pada pukul 15.00 WIB sampai dengan 22.00 WIB. Agenda yang dilaksanakan adalah setiap masing-masing peserta wajib mengisi buku registrasi, di buka dengan menyanyikan lagu Hymne CU. Pada acara pembukaan di buka oleh Budi Hartono selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Koperasi dan UKM Disperindagkop UKM Kab. Sintang. Dalam sambutannya Budi mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu mempersatukan seluruh CU Sekota Sintang demi kemajuan perekonomian Bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Sintang. “dengan persatuan dan kebersamaan yang erat, maka gerakan yang kita jalankan ini semakin maju dan semakin kuat”. Ujar Liman dalam sambutannya.

Pada Makrab kali ini juga di adakan forum diskusi yang pada tahun sebelumnya belum dilaksanakan, dengan cara membuat kelompok dari masing-masing CU yang berbeda untuk mendiskusikan masalah dan mencari solusi bersama mengenai tantangan dan hambatan yang di hadapi dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab menjadi seorang aktivis, satu hal yang sangat berkesan dalam forum diskusi tersebut, semua peserta bersepakat untuk saling ada keterbukaan dan tidak saling menjelekkan sesama CU sehingga keeratan dan kebersamaan di antar lembaga CU dengan tujuan yang sama yaitu sama-sama dapat memajukan dan mensejahterakan anggota. Sesi terakhir In Class di tutup dengan acara hiburan dan nonton bersama, para peserta nampak sangat antusias mengikuti setiap sesi dalam kegiatan tersebut. Pada hari kedua pelaksanaan Makrab yaitu outbound, dimulai pukul 07.00 WIB. Setiap peserta kompak memakai baju yang sama yaitu baju Markab berwarna senada hitam kuning. Kembali di bentuk beberapa kelompok dari masing-masing CU yang berbeda, ada lima permainan yang harus diselesaikan tiap kelompok yaitu Spider net, play ring, powder trip, lilin api, dan mencari obor harta karun. Tujuan permainan tersebut adalah untuk membangun kekompakan, kerjasama dan kebersamaan. Tujuan diadakan Makrab ini adalah untuk membangun kebersamaan, sehingga Markab ini di harapkan dapat dilaksanakan setiap tahun untuk membangun kebersamaan dan persatuan di masing-masing CU sekota Sintang.(DK)


Share This