• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Bila ditanya kepada anggota, bagaimana selama ini mereka mengelola keuangan? Jawabannya tentu akan beragam. Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam mengatur uang mereka. Dalam kesempatan ini, CU Keling Kumang (CUKK) ingin berbagi pengetahuan pengelolaan keuangan untuk para anggota.

Secara umum, ada empat cara mengelola keuangan, antara lain a) Mendapatkan Uang –> Membelanjakan Habis Uangnya; b) Berhutang Terlebih Dahulu –> Mendapat Uang –> Membayar Hutang –> Berbelanja –> Berhutang Lagi; c) Mendapatkan Uang –> Berbelanja –> Menabung (bila ada sisa); dan d) Mendapatkan Uang –> Menabung –> Membayar Hutang –> Berbelanja.


Kira-kira, para anggota yang membaca tulisan ini, ada di cara yang mana?

Dalam program financial capability CUKK, para anggota diajak menerapkan cara keempat (d) untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik. Setiap kali memperoleh uang, anggota perlu menyisihkan 10% dari pendapatan untuk menabung. Fungsi dari tabungan ini untuk persiapan masa depan, terutama masa pensiun dan keadaan darurat. Setelahnya, anggota perlu memprioritaskan membayar hutang atau pinjaman, baik di toko atau lembaga keuangan, sehingga hutang tidak menunggak dan kepercayaan orang terhadap anggota tetap terjaga. Bila semua prioritas telah terpenuhi, para anggota barulah dapat membelanjakan uang tersebut untuk keperluan lain, misalnya keperluan rumah tangga, pakaian, rekreasi, hobi dan sebagainya.

Bila saat ini pengelolaan keuangan para anggota berada di cara a) sampai c), mari perlahan bergeser ke cara d), terutama dalam masa pendemi (krisis) ini, pengolaan keuangan yang baik (cerdas) akan membantu anggota bertahan menghadapi kondisi ini. (AJ)



Share This