• 085345344887
  • cukk93@gmail.com

Sinta O’ Connor adalah gadis keturunan dayak ngaju, kalimantan tengah dari sebelah ibunya dan keturunan new zealand dari sebelah ayahnya. Gadis cantik ini biasa disapa dengan nama panggilan Sinta. Sinta dan keluarganya berdomisili di Toronto, Canada. Diusianya yang masih muda, ia memiliki niat yang sangat mulia untuk berbagi ilmu secara gratis dengan masyarakat adat di Sungai Utik, Kapuas hulu. Waktu libur semester digunakannya untuk berjelajah dari Toronto, Canada ke Sungai Utik, Kalimantan Barat. Sinta akan tinggal bersama masyarakat adat dayak Iban di Sungai Utik selama 2 bulan dari tanggal 4 Juni 2018 - 3 Agustus 2018.

Kehadiran Sinta disungai Utik sangat disambut baik oleh warga. Bahkan Apai Janggut sebagai tuan rumah panjang Sungai utik berkata bahwa kehadiran Sinta sangat bagus karena mau berkerjasama dengan masyarakat setempat. Apai janggut yang sehari-harinya memimpin di lingkungan dayak Iban sungai utik ini juga berkata Bahwa Sinta membantu memajukan pendidikan di Sungai Utik khususnya dalam Bahasa Inggris. Beliau juga berharap jika Sinta dapat mengajar lebih lama agar warga dapat memahami bahasa inggris lebih baik lagi.

Selain baik untuk pendidikan, bahasa inggris sangat diperlukan oleh pengelola ekowisata dan warga untuk berkomunikasi langsung dengan pengunjung sungai utik yang kebanyakan adalah turis mancanegara. Demi kelancaran belajar-mengajar, jadwal belajar telah disusun berdasarkan kategori golongan kelas anak-anak dan dewasa. Lokasi belajar pun disesuaikan mulai dari mengajar anak-anak di sekolah sampai mengajar kelas dewasa di rumah betang.

Di sisi lain, Sinta tidak hanya mengajarkan Bahasa inggris kepada masyarakat, tapi Sinta juga ikut belajar Bahasa Indonesia dan Bahasa Iban bersama warga Sungai Utik. Ada hubungan timbal balik yang baik disini untuk saling belajar dan berbagi ilmu. Sinta juga memberikan bantuan kepada masyarakat berupa pakaian layak pakai, buku, pensl warna dan 1 buah laptop untuk SMPN 02 Sungai utik. Selain membantu mengajar bahasa inggris Sinta diharapkan dapat membantu hal lainnya seperti merancang paket wisata ekowisata dan membantu di CU Keling kumang tp sungai utik. [yty]
Share This