• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com


Kolaborasi CU Keling Kumang (CUKK) dengan pihak gereja dalam memberikan edukasi mengenai manajemen keuangan kepada masyarakat sudah terjalin sejak lama, terutama di Nanga Merakai. Pada Kursus Persiapan Perkawinan (KPP) dalam tahun ini di Paroki Maria Immaculata, Nanga Merakai, pihak paroki mengundang CUKK untuk memberikan materi Manajemen Keuangan dalam Keluarga. Kegiatan ini dilakukan pada 18 Agustus - 20 Agustus 2020 dan 5 November - 7 November 2020.

Pada KPP di bulan Agustus, peserta yang hadir sebanyak 54 pasangan yang berasal dari paroki dan 62 stasi. Sedangkan KPP kedua diikuti oleh 35 pasangan dari 24 stasi. Untuk gelombang kedua ini, peserta tergolong sedikit karena fokus kegiatan tidak hanya di pusat paroki, tetapi juga diadakan di stasi-stasi.

Selain itu, tim CUKK BO Merakai juga diberi kepercayaan untuk berbagi mengenai Manajemen Keuangan dalam Rumah Tangga dengan sub-tema Strategi Perang Mengelola Keuangan di Stasi Jelemuk dan Sebara. Melalui materi ini, pihak paroki dan CUKK ingin memberikan pemahaman bahwa manajemen keuangan yang tepat adalah salah satu bagian penting untuk membangun kesejahteraan di dalam rumah tangga. Peserta diajak untuk mempersiapkan tabungan yang berperan sebagai benteng pertahanan dan amunisi yang berguna untuk mengakomodasi kebutuhan di masa depan, misalnya biaya sekolah dan keadaan darurat seperti sakit.

Menurut Mario Asido Simorangkir, Branch Manager BO Merakai, kolaborasi seperti ini ingin terus CUKK jalin, sehingga semakin banyak masyarakat yang memiliki pemahaman mengenai pengelolaan keuangan, terutama dalam rumah tangga.


(MAS dan AJ)


Share This