• (0565) 2025507
  • cukk93@gmail.com


Pada 2014, satu lagi mitra baru International CU. Keling Kumang yaitu Microsave sebuah lembaga konsultan International. Microsave menyediakan bantuan teknis bagi lembaga seperti kita yang bekerja untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Microsave berusaha mendorong akses keuangan lebih dalam sehingga para anggota mendapatkan pelayanan berkualitas tinggi, terjangkau serta berorientasi pada kebutuhan anggota.

Microsave sudah memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun bekerja di 44 negara di Afrika, Asia Pasifik, Amerika Latin. Mereka telah bekerja di India, Kamboja, China, nepal, Philipina, Ghana, Peru, Afrika Selatan. Mereka memiliki 125 tenaga ahli yang kaya pengalaman di bidang keuangan.

Kita akan bekerjasama dengan mereka pada 10 kegiatan penting guna memperkuat CUKK. (1) Mengembangkan kebijakan kredit yang lebih mudah dan murah, (2) Manajemen keterlambatan pinjaman, (3) Peningkatan Management Information System yang lebih baik, (4) Meningkatkan kontrol dan audit internal, (5) Memperdalam manajemen keuangan, (6) Meningkatkan manajemen SDM, (7) Meningkatkan tata kelola yang lebih baik, dan (8) Melakukan pemetaan proses bisnis CU Keling Kumang.

Salah satu hasil analisis awal Microsave bahwa model bisnis CUKK selama ini sangat menyayangi anggotanya tetapi tidak memperhatikan tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, mereka menyarankan untuk seimbang. Kepentingan anggota juga diperhatikan tetapi juga badan harus dipelihara dalam hal ini modal lembaga harus terus dipupuk. Biaya operasional CU Keling Kumang sudah rendah dibandingkan lembaga keuangan serupa di Jakarta tetapi biaya untuk modal (BJS) cukup besar. Kita harapkan berbagai berbagai kerjasama yang berlangsung untuk dua tahun mendatang bersama Microsave akan menghasilkan banyak hal bagus demi pelayanan anggota dan organisasi yang sehat. Dengan ditandatanganinya kerjsama ini secara resmi CU. Keling Kumang memilki dua mitra Internasional yaitu Good Return dari Australia dan Microsave yang bermarkas di India. Untuk memperkuat anggota, kita akan bekerjasama dengan Solidaridad.