• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Saya sering terkagum-kagum dengan perjalanan hidup anak manusia di dunia ini. Sesekali saya juga kagum dengan perjalanan hidupku sendiri. Lahir telanjang dan tidak membawa apa-apa. Semua anak yang lahir seperti itu, bukan? Tetapi ketika sudah dewasa, ada yang masih “telanjang” (baca: melarat) dan tidak punya apa-apa, merinsak. Ada yang mampu mencapai lompatan besar—hidup penuh makna, kaya, berada, berpunya, terhormat. Mengapa bisa? Anda pembaca, apakah anda menyadari hal ini atau yang paling penting anda menyadari keberadaan anda hari ini?

Nah, saya mencoba mencari jawaban atas pertanyaan di atas “mengapa?” Ternyata jawaban atas pertanyaan di atas hanya satu kata yaitu “Keputusan.” Hanya ada dua manusia di dunia ini, yaitu mereka yang berani membuat keputusan dan tidak berani membuat keputusan. Bukan asal keputusan lho! Keputusan yang terkait dengan bagaimana merealisasikan mimpi besar mereka. Tanpa keputusan membuat mimpi besar, segala yang besar atau hebat tidak akan terjadi. Setelah kita punya mimpi besar, masukan unsur emosi di dalamnya—bagaimana rasanya kalau mimpi itu sudah menjadi kenyataan. Dan mimpi harus diikuti dengan aksi (tindakan).

Pertanyaan saya selanjutnya, bagaimana mimpi, tindakan, dan kenyataan bisa terwujud? Asal muasalnya ada di dalam pikiran kita. Pikiran (mind) menumpang di sebuah kendaraan yang disebut dengan otak kita. Itu sebabnya para pemikir besar berkata: “Kita tidak dilahirkan dengan membawa senjata, tetapi kita dilahirkan dengan membawa otak.” Sekalipun kita lahir telanjang dan tidak membawa apa-apa, tetapi Tuhan memberikan senjata yang maha dahsyat buat kita untuk menjalani kehidupan ini yaitu otak dan pikiran kita. Sudahkah anda menggunakannya secara maksimal?

Gunakan otak dan pikiran anda dengan sebaik-baiknya agar anda sukses dalam menjalani kehidupan ini dengan senjata pamungkas kita, yaitu otak dan pikiran kita. Ada 6 langkah yang harus anda lakukan agar anda sukses setiap hari.

Langkah 1: Ubahlah PIKIRAN anda, maka KEYAKINAN anda akan berubah.

Langkah 2: KEYAKINAN anda berubah, maka HARAPAN anda akan berubah.

Langkah 3: HARAPAN anda berubah, maka SIKAP anda berubah.

Langkah 4: SIKAP anda berubah, maka PERILAKU anda berubah.

Langkah 5: PERILAKU anda berubah, maka KINERJA anda akan berubah.

Langkah 6: KINERJA anda berubah, maka HIDUP anda akan berubah.


Saya membuat keputusan setiap hari agar setiap hari berhasil menjalankan hidup, saya menerapkan resep di atas. Jauhi minuman keras, jauhi pergaulan dan pola hidup yang tidak sehat, jauhi pikiran dan perasaan iri dan dengki dengan orang lain. Itu semua akan merusak pikiran anda. Hiduplah dengan penuh rasa syukur, maka berkat dan rejeki akan melimpah kepada anda.

Jika pikiran anda rusak, akibatnya sudah jelas, anda tidak akan berhasil dalam hidup. Kelolalah hidup anda dengan 6 langkah diatas, dijamin hidup anda akan sukses. Tidak ada gunanya usia yang panjang, jika tidak diisi dengan hal-hal yang berarti dan dapat memberikan sumbangan bagi perbaikan hidup diri sendiri, keluarga, dan orang lain. Apakah anda setuju?


Share This