• 085345344887
  • cukk93@gmail.com

Credit Union Keling Kumang (CUKK) kini telah membuka kantor di Desa Sekubang, Kecamatan Sepauk, Kabupaten Sintang, tepatnya di kampung Temanang. Branch Office (BO) Temanang adalah kantor dengan urutan ke 63. Sebelum beroperasi pada Senin 6 Agustus 2018, kantor ini diberkati oleh pemimpin umat Stasi Temanang (Edison) pada Sabtu 4 Agustus 2018. Dalam kesempatan pemberkatan kantor, hadir kepala Desa Sekubang (Leo Pelima), ketua BPD Desa Sekubang (Laurensius Sepilang), Neli (Sekretaris BOD), CEO Keling Kumang (Valentinus), Area Manager 1 (Yulia), Branch Manager BPB (Purwanto), Branch Manager 46 (Arkadius Susandi), Branch Manager BSM (Nikodemus), kelompok inti dan Pangkalan Kolektor.

Sebelum pemberkatan kantor, terlebih dahulu dilakukan pendidikan penyegaran (PDG) pada 3 Agustus 2018. Antusias masyarakat dengan kehadiran CUKK di Temanang terlihat dari jumlah peserta sebanyak 102 orang memenuhi gedung Balai Sepunti. Kegiatan PDG malam itu mampu mengubah keputusan yang semula BO Temanang hanya buka Senin dan Kamis, menjadi dibuka setiap Senin-Sabtu. Keputusan itu tak hanya berdasarkan semangat dan antusias anggota semata, namun dari berbagai sisi seperti jumlah anggota dan aset.

Pada awal pembukaan, anggota CUKK BO Temanang berjumlah 1.442 orang, dengan aset 10, 4 Milyar. Anggota Temanang merupakan pecahan dari anggota Benuo Panta Baju (BPB) di Bedayan, Sinar Pekayau (KM 46), dan Batu Sado Macan (BSM) di lotong KM 23. Dari jumlah anggota tersebut, dibentuklah kelompok inti yang kemudian diberikan pelatihan pada 4 Agustus 2018 sebelum pemberkatan kantor.

Dari hasil pelatihan kelompok inti, terbentuklah Gambaran Nyata Visi Masa Depan CUKK Temanang: CUKK Temanang pada tahun 2028 akan terus berkembang pesat, ada bangunan yang kokoh dan megah dengan aset dan anggota yang makin bertambah, dan anggota yang semakin sejahtera. Aset pada tahun 2028 menjadi 22,4 Milyar, dengan anggota sebanyak 4.000 orang, dilayani dengan sungguh-sungguh oleh semua aktivis CUKK di tempat pelayanan yang mewah dengan luas bangunan 10 x 18 meter persegi, dengan pelayanan yang lengkap dan segala fasilitas kantor pendukung terpenuhi.

Dari gedung Balai Sepunti, peserta pelatihan Kelompok Inti langsung menuju kantor CUKK yang akan segera diberkati. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan dari Area Manajer 1 (Yulia), Sekretaris BOD CUKK (Neli), CEO CUKK (Valentinus), dan kepala desa Sekubang (Leo Pelima). Kegiatan dilanjutkan dengan pengguntingan pita pembukaan kantor baru, dan ditutup dengan makan siang bersama.

Kepala desa Sekubang (Leo Pelima) dalam sambutannya mengatakan bahwa berdirinya kantor CUKK merupakan sebuah penghargan bagi masyarakat Temanang. Beliau berharap dengan adanya kantor CUKK hadir di Temanang, bisa melayani dan mendidik masyarakat khususnya dalam bidang perekonomian. Sumber daya manusia yang rendah tak berimbang dengan sumber daya alam yang melimpah, sehingga kerap kali masyarakat hanya kaya dalam waktu yang singkat, kemudian memulai dari nol lagi. Harapannya dengan hadirnya CUKK, masyarakat sangat terbantu dalam menata keuangannya.

Pada kesempatan itu, Valentinus (CEO CUKK) menjelaskan bahwa CUKK memiliki program Self Helf Group (SHG). SHG ini memiliki peluang yang besar, kedepan bisa dikembangkan menjadi Badan Usaha Milik Desa. Itu terbukti mulai dari SHG di Pagal Dua didukung oleh pemerintah desa dalam usaha ayam pedaging, ayam petelur, dan sayur mayur. Masyarakat kita kemudian terlatih menjadi pengusaha, dan ini dianggap mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Pesan Valentinus kepada masyarakat bahwa kantor CUKK Temanang adalah titipan yang harus dijaga bersama. “Walaupun kantornya kecil, tapi manfaatnya besar. Jika manfaatnya besar pastilah Tuhan juga melindunginya” tutur beliau.(MN)

Share This