• (0565) 2025507
  • cukk93@gmail.com

Credit Union Keling Kumang atau biasa disebut CUKK, telah banyak mensejahterakan anggotanya terutama dalam bidang keuangan. CU Keling Kumang bisa dibilang berhasil meningkatkan kesejahteraan anggotanya dalma bidang keuangan dan hal tersebut perlu diekspos ke masyarakat luar bahkan ke penjuru dunia. Maka, Humas Kementerian Koperasi dan UKM tertarik untuk meliput hal tersebut dan apa saja yang ada dalam Keling Kumang itu sehingga bisa berkembang sedemikian pesatnya. Dan jelas, tujuan kedatangan tim tersebut adalah untuk meliput/mengekspos keberhasilan CU Keling Kumang dalam membangun perekonomian masyarakat dan mengekspos hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan CUKK secara keseluruhan. Pada tanggal 5 April 2017, Humas Kementerian Koperasi dan UKM mulai meliput tentang Keling Kumang.

Panitia pelaksana untuk menemani dan mengantar tim tersebut adalah :

1. Hermanus TR (CUKK’s area manager IV)

2. Paulinus Arnando. A (Staff Event Organizer and Marketing of BDD)

3. Melkyor (Area Manager’s staff)

4. Deli (Loan Officer)

Pada 5 April 2017 sore, tim langsung mengambil video singkat mulai dari pengambilan gambar gedung CUKK Kantor Sentral secara keseluruhan dan dilanjutkan pengambilan Video breefing di Meeting Room.

Hari kedua yaitu tanggal 06 April 2017 tim dan panitia melakukan perjalanan dari Sintang menuju Kantor Pusat dan tiba di kantor Pusat pukul 05.30 WIB dengan agenda, mengambil Video suasana pagi hari di kantor Pusat. Setelah selesai tim melanjutkan perjalanan menuju SMK keling Kumang untuk mengambil proses belajar mengajar disana, dari SMK Keling Kumang tim dan panitia singgah di K52 untuk mengambil video di mulai dari pelanggan belanja sampai selesai. Setelah itu tim melanjutkan perjalanan dari Sekadau menuju Kantor Pusat untuk Istirahat, setelah istirahat tim dan panitia melanjutkan perjalanan menuju Engkresik untuk mengambil dan mendokumentasikan proses Sekolah Lapangan (SL) dan Pemanenan Kelapa Sawit, dari Engkresik tim dan panita kemudian melanjutkan rute ke kantor lama yang terletak di Tapang Sambas-Tapang Kemayau. Perjalanan terakhir menuju dusun Seneban, Kecamatan Sepauk untuk mengambil gambar dan mewawancarai Kelompok SHG yang mengembangkan usaha ternak Ayam.

Pada hari ketiga, 07 April 2017 Tim dan panitia kembali melakukan pengambilan gambar dan melanjutkan perjalanan menuju pasar Impres untuk mengambil suasana pasar, karena pada saat itu suasana pasar tidak sesuai dengan skenario akhirnya Tim dan panitia menuju pasar sayur di Masuka, Sintang yang dilanjutkan mengunjungi pelabuhan Sungai Durian, kurang lebih 2 jam di pasar Sungai Durian akhirnya tim dan panitia memutuskan untuk istrahat di Kantor Sentral sebelum melanjutkan perjalanan ke beberapa unit KKG di Sintang. Setelah beristirahat tim dan panitia melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi unit KKG salah satunya yaitu mengunjungi Dealer GAS di Sungai Durian, adapun video yang di ambil adalah proses penyerahan kunci kendaraan dan surat-surat lainnya dari GAS ke Anggota, dari GAS tim dan panitia menuju K77 Untuk melihat dan mengambil gambar proses pelayanan petugas kepada anggota.

Kemudian setelah selesai dari K77, Tim kembali melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi unit-unit KKG, kali ini tim dan panitia berkunjung ke Ladja English Course (LEC) untuk mengambil video mengenai proses belajar mengajar disana. Setelah selsai, tim dan panitia kemudian melanjutkan perjalanan ke arah kelam untuk mengambil gambar kelapa sawit disana. Saat malam, tim kemudian mengunjungi pendopo Bupati untuk mewawancarai Bupati Sintang yaitu Bapak Jarot Winarno, Tim menanyakan pendapat beliau mengenai Keling Kumang secara umum dan harapan untuk Keling Kumang secara umum.

Pada hari ke empat yaitu tanggal 08 April 2017, tim dan panitia melakukan perjalanan terakhir pengambilan video, kali ini perjalanan kami lanjutkan kesalah satu Dusun yang terletak di daerah Kelam yaitu dusun Sejungkong, dimana gambar yang di ambil adalah kondisi kampung pada pagi hari, mulai dari aktivitas anak-anak berangkat sekolah sampai aktivitas sehari-hari masyarakat seperti pergi kepasar dan aktivitas pergi ke ladang.

Tim dan panitia kembali ke Kantor Sentral untuk mewawancarai Pak Yohanes RJ selaku Managing Director Keling Kumang Group dan Pak Munaldus selaku penasehat Keling Kumang Group, akhirnya tim dan panitia menyelesaikan shooting dan pengambilan gambar pada pukul 12. Setelah makan siang, tim atau Crew Production Video Humas Kementrian Koperasi dan UKM kembali menuju Jakarta.


Video Keling Kumang bisa dilihat di Humas Kementrian Koperasi dan UKM: “Keberhasilan CU Keling Kumang dalam membangun perekonomian masyarakat perlu diekspos” (PA & MMD)




Share This