• (0565) 2025507
  • cukk93@gmail.com

Sebagai salah satu koperasi kredit yang telah menjadi kepercayaan masyarakat dikawasan Timur Kalimantan Barat, CU Keling Kumang terus berbenah diri baik dari sisi peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sarana prasarana infrastruktur pendukung lainnya. Oleh karenanya, untuk memberikan kenyamanan kerja kepada staf dalam upaya memberikan pelayanan terbaik guna meningkatkan kepercayaan masyarakat khususnya anggota, CU Keling Kumang meresmikan beberapa kantor baru yang sudah dibangun mulai September 2017 lalu. Belum lama ini CU Keling Kumang meresmikan Branch Office  (BO) Kembayan, BO Binjai, BO Pintas Keladan, BO Sayan dan BO Rumah Sepan.

 

Lokasi 5 kantor yang diresmikan sekaligus melakukan PRA RAT tersebut berada di Kecamatan Kembayan, Sanggau, Kecamatan Ketungau Hulu, Binjai dan 2 kantor di Kabupaten Melawi. Tampak antusias para anggota dan raut kebahagiaan menyambut peresmian kantor baru ini. Selain anggota, hadir juga para pejabat dan undangan. Pertama, peresmian kantor CU BO Kembayan ini sekaligus kantor Koperasi Tujuh-tujuh (K77). Kantor yang beralamat di Dusun Tapang Raya Desa Tanap Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, diresmikan oleh Camat Kembayan, Kamis (11/1/2018) Jam 08.00 Wib.

Sebelum prosesi peresmian oleh Camat Kembayan, acara diawali dengan pemberkatan karyawan serta kantor CU KK dan Unit K77 oleh Pastor Georgius, OFM. Cap. Hadir dalam acara ini Camat Beduai, Kapolsek, Danramil, Kades, CU Mitra, serta para tokoh masyarakat dan tamu undangan yang berjumlah sekitar 50 orang.

Dalam sambutannya CEO CU Keling Kumang Valentinus, S.Sos., M.M mengatakan CU KK saat ini sudah memiliki 62 Kantor dan K77 saat ini baru unit yang ketiga setelah di KM 4 Sintang dan di Jln. Sekadau - Sanggau.

"Kantor CU KK dan K77 Kembayan ini merupakan pecahan dari Kantor CU KK Balai Karangan yang dibuka pada tahun 2013 dengan aset 6,5 Milyar", ujarnya.

Ia melanjutkan, walau kantor CU KK Kembayan baru diresmikan, namun anggotanya kini sudah ada 89 orang dengan aset 800 juta. Sejak tahun 2015-2017 merupakan masa bagi CU KK untuk fokus mengembangkan anggota dan saat ini sudah ada 96 Kelompok usaha yang kita bina, ungkapnya.

Sebelum memberikan sambutan MD KKG Yohanes RJ, S.Pd., M.M terlebih dahulu memperkenalkan Manager CU KK dan K77 Kembayan Dopensius Purnama.

 

"Pembukaan dan peresmian kantor CU KK dan Unit K77 Kembayan ini kita memulai dengan kesederhanaan, dan kedepannya bisa menjawab kebutuhan masyarakat dengan pelayanan maksimal", harapnya.

Lalu, Peresmian sekligus PRA RAT BO Binjai yang diresmikan oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno. Acara ini dimulai dengan pemberkatan oleh Pastor RD. Yohanes Triyadi, setelah itu dilakukan Pra RAT TB 2017 untuk BO Tembawang Alak (yang sekarang pindah ke Binjai menjadi BO Binjai), Merakai dan Kedembak Air Tabun. Setelah Pra RAT selesai dilanjutkan kembali dengan peresmian kantor.

Manager Area II, Protasius Ayung pada kesempatan itu mengatakan bahwa dibangunnya gedung ini sebagai pengganti kantor BO Tembawang Alak yang dinilai sudah kurang refresentatif lagi. Kemudian, anggota yang ada di BO Tembawang Alak dan Binjai tentunya akan dilayani di kantor baru ini.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua Pengurus Keling Kumang Group (KKG), Mikael, pada kesempatan itu menyampaikan, dari 61 kantor Branch Office CUKK di enam Kabupaten, lebih dari 90 persen adalah milik CUKK, hanya beberapa cabang saja kantornya yang masih status kontrak.

Selanjutnya, Camat Ketungau Hulu, Asmidi S.Kom,M.Si meresmikan kantor CU Keling Kumang BO Pintas Keladan pada Kamis (18/01/2018). Nampak hadir juga Kades Pintas Keladan dan juga Danramil.

Prosesi peresmian dimulai dengan sambutan-sambutan. Kemudian dilanjutkan dengan pemukulan gong dan pemotongan pita oleh Camat Ketungau Hulu, Asmidi.

CEO CU Keling Kumang, Valentius menjelaskan bahwa pemindahan kantor dari Temabawangalak ke Binjai Hulu merupakan upaya untuk memaksimalkan pelayanan kepada anggota.

Sementara itu, Ketua CU Keling Kumang, Mikael menyebutkan bahwa CU yang ada dibawah pimpinannya itu akan meningkatkan aset dan jumlah anggota. Ia mengharapkan para aktivis terus berkembang meningkatkan pelayanan dan semakin mendekatkan diri kepada anggota.

“Keberadaan kantor menjadi motivasi untuk jadi lebih maju ke depan. Kantor ini adalah aset kita bersama, pergunakan dengan baik dan berikan sumbangsih sebesar-besarnya kepada masyarakat di sini," terangnya.

Setelah semua selesai sambutan, Asmidi kemudian meninjau langsung kondisi di dalam kantor yang baru selesai dilakukan pembangunan tersebut. Tampak ia beberapa kali memasuki beberapa ruangan di dalam kantor tersebut. 

Kemudian, peresmian dan PRA RAT BO Sayan yang kali ini dihadiri oleh orang nomor 1 di Kabupaten Melawi. Bupati Melawi, Panji berkesempatan meresmikan secara langsung pembangunan Kantor Credit Union (CU) Keling Kumang BO Sayan yang berada di Jln. Propinsi Pinoh Kota Baru, Kabupaten Melawi, Senin (20/1/2018) siang.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Yessy Melania beserta suami, Ketua DAD Kabupaten Melawi dan jajarannya, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Sayan.

Pada kesempatannya, Panji mengatakan bahwa Keling Kumang Group (KKG) merupakan aset daerah sebagai contoh tuntasnya reformasi koperasi sebagaimana diamanatkan oleh pemerintah pusat.

"Mulai dari proses rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan. CU Keling Kumang telah menunjukkan perkembangan, dari hanya sekedar koperasi simpan pinjam berkembang menjadi koperasi konsumsi, K52 dan koperasi produksi, K77," ujarnya.

 “Keberadaan kantor menjadi motivasi untuk jadi lebih maju ke depan. Kantor ini adalah aset kita bersama, pergunakan dengan baik dan berikan sumbangsih sebesar-besarnya kepada masyarakat di sini," terangnya.

Terakhir, peresmian kantor baru BO Rumah Sepan, Pinoh dan Rapat Anggota Tahunan (RAT) TB 2017. Lagi, peresmian kantor baru ini diresmikan langsung oleh Bupati Melawi, Bapak Panji (25/01/2018).

Kali ini, Panji dalam sambutannya “Memfokuskan pembangunan ekonomi kerakyatan ini penting untuk kita ketahui, hal tersebut berkaitan dengan Nawacita Jokowi - JK yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi, dengan menggerakkan sektor- sektor strategis  ekonomi domestik, khususnya di Kabupaten Melawi pengembangan ekonomi di tumpukan melalui peningkatan kualitas  ekonomi lokal, ini sangat sejalan apa yg di lakukan oleh CU Keling Kumang, hal tersebut sesuai dengan visi dan misi RPJMD Kab. Melawi periode 2016-2021, oleh karena itu Pemkab Melawi  sangat mengapresiasi, berterima kasih telah di tunjunkkan oleh berbagai pihak yg ingin ikut andil dalam pembangunan ekonomi yang sifatnya menumbuhkembangkan ekonomi rakyat untuk tujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat itu sendiri” paparnya.

Sementara itu, Managing Director KKG, Yohanes yang berkesempatan untuk memberikan sambutannya “ Kantor ini tidak terlalu besar, tetapi lebih besar dari kantor sebelumnya dan proses untuk bisa meresmikan kantor ini membuat kantor ini memerlukan proses yg panjang, mengapa? karena di Melawi ini dimulai tahun 2004 sampai  2018. Baru Bisa membuat kantor yang representatif dimana tempat parkirnya cukup, ruang pelayanannya cukup. Dan kantor ini sebenarnya ada lebih, di bawah ini lebih, dan akan digunakan oleh grup kita, K52 untuk jual beli Sembako.

Harapannya juga bahwa semoga dengan pembangunan kantor-kantor CU Keling Kumang di berbagai Kabupaten ini sesuai dengan tujuan visi misi CU Keling Kumang itu sendiri untuk bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya anggota CUKK juga memberikan semnagat baru pada para staf dan anggota dalam hal pelayanan. (MMD)

 

Share This