• 0811569900
  • cukk93@gmail.com

Berawal dari mengikuti RAT CU Keling Kumang (CUKK) akhirnya anggota mengetahui tentang program Self Help Group (SHG) yang diadakan oleh CUKK dan selanjutnya anggota bersepakat untuk membentuk kelompok SHG. Hingga tahun 2018 CUKK telah membentuk 127 kelomok SHG, salah satu SHG yang sukses didampingi oleh CUKK adalah SHG Batu Betingkak. Nama kelompok Batu Betingkak di ambil dari air terjun Batu Betingkak yang ada di ambil dari air terjun Batu Betingkak yang ada di daerah tersebut. Latar belakang membuat kelompok SHG yang beralamatkan di Desa Sungai Labi Dusun Belepung Baru kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang ini telah membentuk kelompok SHG sejak Mei 2017 lalu di BO Kelam. Mereka membuat produk TAROH dan melalukan pinjaman pertama sebesar Rp.15.000.000.

Kelompok SHG Batu Betingkak beranggotakan 9 orang yang diketuai oleh Heronimus. Kelompok SHG ini sudah mengikuti pendidikan Financial Capability (FC) sehingga merasa lebih terbantu dalam pengelolaan keuangan kelompok dan telah mengikuti pendidikan Sekolah Lapangan Kelapa Sawit (SL). Semua anggota kelompok ini sudah masuk menjadi anggota CUKK.

Pada awalnya kelompok mengajukan pinjaman untuk modal mengelola usaha ayam pedaging dan membangun kandang ayam serta membeli perlengkapan pendukung untuk beternak ayam. Seiring berjalannya waktu kelompok kembali mengajukan pinjaman kedua sebesar Rp. 30.000.000 dana pinjaman kedua ini dipakai kelompok untuk membeli bibit ayam pedaging dan ayam petelur selain itu juga digunakan untuk membangun kandang baru.

Hingga saat ini kelompok SHG Batu Betingkak sudah berjalan hamper dua tahun dengan total asset yang di kelola saat ini mencapai Rp. 50.000.000. dalam menjalankan usaha, kendala yang sering dialami oleh kelompok adalah kondisi akses jalan yang masih sangat sulit dan ayam yang sering kali mati mendadak. Kelompok ini tetap bersemangat dalam menjalani usaha agar hasil yang dicapai dapat mensejahterakan ekonomi keluarga masing-masing kelompok. (NK)

Share This