• (0565) 2025507
  • cukk93@gmail.com

Kerjasama antara Solidaridad dengan CUKK dimulai pada tahun 2011. Kedua lembaga ini juga menggandeng World Education Australia untuk memulai kerjasama yang bertujuan untuk memperbaiki kehidupan dan penghidupan petani sawit mandiri di provinsi Kalimantan Barat.

Kerjasama ini berangkat dari ditemukannya situasi di mana para petani sawit mandiri berada dalam posisi kurang menguntungkan yang disebabkan oleh terbatasnya pengetahuan tentang dunia perdagangan kelapa sawit, kurangnya kapaistas dalam mengelola bisnis dan keuangan dengan cara yang tepat, terbatasnya pilihan atas layanan kredit atau pinjaman yang berkenaan dengan kegiatan pertanian mereka, ketergantungan terhadap pabrik pengolahan kelapa sawit dan kurangnya pengetahuan tentang lingkungan hidup yang bisa memastikan keberlangsungan produktivitas petani. CUKK dipilih sebagai mitra lokal karena telah memiliki lebih dari 140,000 anggota yang tersebar di seluruh wilayah kerja mereka dengan cakupan lahan seluas 130,000 ha.

Fase pertama dari kerjasama ini berjalan selama dua tahun hingga tahun 2013. Sejak bulan April 2012  hingga Desember 2013, CUKK bekerja dengan kelompok percobaan yang memiliki 1,500 anggota untuk membangun program pelatihan inovatif yang bertujuan untuk memperbaiki pengetahuan pertanian dan kesadaran keuangan mereka. Sementara fase kedua berlangsung dari bulan Juli 2014 hingga bulan Oktober 2015, dan fase ketiga berlangsung hingga bulan Desember 2016. Pada fase kedua dan ketiga, Good Return dari Australia bergabung bersama dengan Solidaridad, CUKK dan World Education Australia dalam menjalankan program di Kalimantan Barat.

Kontrak kerjasama antara Solidaridad dengan CUKK masih terus berlangsung hingga tahun 2019, namun setelah berakhirnya fase ketiga, diputuskan bahwa Solidaridad hanya akan menggandeng CUKK yang bertindak sebagai mitra lokal.