• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Memulai usaha memang bukan perkara mudah, tetapi dengan mencoba, orang muda akan belajar dari pengalamannya. Apalagi banyak potensi di sekitar orang muda yang dapat dikembangkan dan dikelola menjadi usaha. Melihat pentingnya hal ini, dalam webinar Suara Pengusaha Muda Sesi II yang berlangsung Selasa, 17 November 2020 lalu, CU Keling Kumang (CUKK) menghadirkan dua pembicara muda yakni Bartholomeus Brama dan Hendrikus Mangku untuk berbagi pengalaman mereka. Brama, owner Bunker Coffee yang berlokasi di Sintang berbagi beberapa hal teknis dalam memulai usaha. Menurutnya, penting untuk memperhatikan mengenai pemilihan nama dan logo, tempat usaha, perlengkapan usaha termasuk mesin dan alat produksi, merekrut pegawai, melakukan training persiapan dan uji coba. Untuk pemilihan nama dan logo, Brama menyarankan yang mudah diingat dan memiliki karakter dalam menunjang keberhasilan bisnis. Sesuatu yang memiliki cita-cita yang dapat bercerita kepada para pelanggan. Kemudian, untuk pegawai, Brama membagikan pengalamannya mentraining karyawan secara detail sebelum mereka mulai bertugas melayani orang yang berkunjung ke Bunker Coffee. 

Pada sesi kedua, Mangku sebagai Project Manager Pusat Pemberdayaan Sumber Daya Ibanik (PPSDI) berbagi kisah dalam menggali potensi sumber daya masyarakat adat. Saat ini, ia dan tiga orang muda lainnya dipercaya mengerjakan tiga program utama yakni merevitalisasi bahasa, budaya dan kearifan lokal, terlibat dalam Kana Festival dan Ibanik Summit, serta melakukan konservasi alam melalui pengelolaan Taman Kelempiau. Menurut Mangku, ada banyak potensi sumber daya yang belum digali secara mendalam. Ia berharap orang muda mulai melirik potensi alam dan budaya di tempatnya masing-masing, menggali potensi itu dengan tetap memperhatikan keseimbangan ekosistem agar hutan tetap terjaga. 

Melalui webinar ini, baik CUKK maupun pembicara berharap para peserta berani untuk memulai usaha dengan melihat potensi di sekitarnya dan tidak takut gagal dalam mencoba hal baru. 

(AJ)

Share This