• 085345344887
  • cukk93@gmail.com

Penulis dan Pengamat Koperasi :

Irsyad Muchtar : “Berhasil mempertahankan diri diposisi 100 besar”

Setelah kemarin mendapatkan penghargaan sebagai Koperasi Terbaik dan Bhakti Koperasi, Makassar, (12/07/20170, CU Keling Kumang kembali mendapatkan penghargaan sebagai Koperasi dengan CSR Terbaik diantara 13 Koperasi lainnya di Indonesia.

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga memberikan penghargaan kepada 13 koperasi berkinerja menonjol, baik dari sisi pengelola aset terbesar, volume usaha terbesar CSR terbaik dan IT terbaik. Penghargaan itu diberikan di sela-sela peluncuran buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2017 yang diterbitkan oleh Majalah Peluang, di Jakarta, Senin (30/10/2017). Peluncuran buku ini bertujuan untuk menunjukkan koperasi berkualitas di tingkat nasional.

Sebagai Ketua Pelaksana acara launching buku “100 Koperasi Besar Indonesia 2017’, Yuni Hegarwati mengatakan bahwa ini merupakan ketiga kalinya buku tersebut diterbitkan, dan dapat menjadi referensi memahami bisnis.

“Melakukan kunjungan ke berbagai koperasi besar dan hasilnya adalah sebagaimana yang kita saksikan. Ini juga berkat kerja sama yang baik dengan beberapa pihak,” kata Yuni dalam kesempatan yang sama.

Diantara 13 koperasi yang mendapatkan penghargaan sebagai pengelola aset terbesar, volume usaha terbesar, CSR terbaik dan IT terbaik, CU Keling Kumang kembali mendapatkan penghargaan sebagai Koperasi Kredit dengan Corporate Social Responsibillity (CSR) terbaik tahun 2017.

Selain CU Keling Kumang, ada 12 Koperasi besar yang mendapatkan penghargaan tersebut diatas diantaranya adalah Kopdit Lantang Tipo, KSPPS UGT Sidogiri, Koperasi Setia Bakti Wanita Surabaya, Kisel Jakarta, Kospin Jasa Pekalongan Jawa Tengah, Koperasi Pusat Susu Bandung Utara Lembang, Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia, Koperasi Astra Internasional, Koppas Srinadi, Koperasi Agro Niaga Jabung Malang Jawa Timur, Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Bersama Bogor Jawa Barat serta Healthcare Mandiri Jakarta.

Dalam acara penerimaan penghargaan 13 Koperasi berkinerja terbaik itu turut hadir Ketua Pengurus CU Keling Kumang, Mikael, Valentinus selaku CEO CU Keling Kumang serta Yohanes RJ selaku Managing Director Keling Kumang Group yang menaungi CU Keling Kumang dibawahnya.

“Ini merupakan apresiasi kepada CU Keling Kumang karna konsisten dengan visi misinya yakni memberikan pelayanan kepada anggota untuk meningkatkan standar hidup anggota. CU Keling Kumang punya dana untuk lingkungan, itu CSR lingkungan seperti yang dilakukan Keling Kumang CSR pembangunan (Gereja, masjid dan tempat-tempat umum) juga memberikan bantuan beasiswa untuk anak-anak anggota, beasiswa SMA sederajat bahkan Perguruan Tinggi”. Ungkap Mikael

Lalu untuk mempertahankan itu semua beliau mengatakan bahwa CU Keling Kumang memberikan motivasi kepada seluruh gerakan untuk pemberdayaan dan peningkatan taraf hidup anggota, karena itu merupakan tanggungjawab CUKK dan KKG sebagai hodingnya, karena prinsip CU Keling Kumang sendiri yakni dari anggota, oleh anggota dan untuk anggota.

Irsyad Muchtar, sebagai penulis buku ‘100 Koperasi Besar Indonesia 2017’ mengungkapkan bahwa koperasi berskala justru berkembang di kota-kota yang terbilang relatif kecil.

Ini adalah suatu kegiatan yang menunjukkan bahwa koperasi di Indonesia ini banyak yang berkualitas,” tambahnya.

Dalam wawancara dengan Ketua pengurus CU Keling Kumang, ditanyakan apa resolusi CU Keling Kumang kedepan? Beliau mengatakan CU Keling Kumang harus melakukan program kerjanya yang telah disusun untuk 5 tahun kedepan. Agar terus maju, CUKK memberikan pelayanan melalui produk simpan pinjam ke anggota. Harus fokus menangani pinjaman beredar dan kredit macet, itu menjadi konsentrasi. Selain itu CUKK juga harus memberikan penguatan pada kelompok SHG. CUKK akan membuka Branch Office lagi dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada anggota. (MMD)

Share This