• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Apa itu Ausbildung?

Kata ‘Ausbildung’ memang masih asing di telinga kita. Namun, bagi mereka yang menaruh minat pada pendidikan di Jerman, kata ini sangat populer dan menjadi daya tarik tersendiri.

Ya. Saat ini, Ausbildung adalah salah satu program pendidikan di Jerman yang sangat diminati oleh generasi milenial Indonesia. Ausbildung merupakan program pendidikan dan pelatihan profesi selama ± 3 tahun di Jerman. Azubi (tenaga ahli, sebutan bagi peserta program Ausbildung di Jerman) akan belajar teori di Berufschule (sekolah kejuruan) dan kerja praktik di perusahaan (hotel, restoran, rumah sakit, dll).

Apa yang saya lakukan ketika Ausbildung di Jerman?

Tanggung jawab kamu adalah belajar, berlatih dan bekerja sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipilih. Pada saat menjalani Ausbildung di Jerman, 70% waktu pembelajaran akan menekankan pada praktik sekaligus bekerja di perusahaan. Selebihnya, 30% akan digunakan untuk menjalani proses pembelajaran teori dan praktikum di Berufsschule.

Selama menjalani Ausbildung di Jerman, kamu akan berpindah-pindah departemen pekerjaan mulai dari pekerjaan yang paling mudah sampai pekerjaan yang tanggung jawabnya besar. Azubi dipersiapkan untuk menempati posisi Assistant Manager. Selain itu, kamu akan mendapatkan gaji selama kamu tinggal di Jerman.

Jurusan Ausbildung apa saja yang diminati oleh orang Indonesia?

Syarat bahasa dan tingkat persaingan menjadi pertimbangan utama bagi para pendaftar dari Indonesia. 3 jurusan Ausbildung di bawah ini banyak diminati generasi muda Indonesia karena hanya mensyaratkan Bahasa Jerman level B1 dan kurang diminati oleh generasi muda Jerman dan Eropa.

1. Ausbildung bidang Perhotelan

2. Ausbildung bidang Restoran

3. Ausbildung bidang Chef (Juru Masak Profesional)


Oleh: Francoes Mitter

(PIC Program Kerjasama Kuliah Luar Negeri Keling Kumang)

CP: 0813-2822-7028



Share This