• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli 2021, KSP CU Keling Kumang mengadakan  Webinar dengan tema Parenting dan Perlindungan Anak di Masa Pandemi Covid 19. Kegiatan dilaksanakan 22 Juni 2021, difasilitasi oleh Patricia Elfira Vinny., M.Psi., Psikolog.

Valentinus, CEO KSP CU Keling Kumang mengatakan pentingnya kegiatan ini dilakukan, KSP CU Keling Kumang menyadari bahwa orangtua merupakan guru pertama untuk anak dalam mempelajari banyak hal, baik secara akademik maupun kehidupan secara umum. Orangtua punya tanggungjawab besar dalam memberikan asuhan yang tepat untuk anak, apalagi disituasi saat ini.

Menurut Patricia, sebelum mengetahui pola asuh yang efektif diterapkan di masa ini, kenali dulu beberapa pola asuh yang sudah lama diterapkan oleh orangtua. Ada empat gaya pengasuhan yang berbeda biasa diterapkan para orangtua, yaitu; pengasuhan permisif, otoritatif, otoriter, dan tidak terlibat.

“Setiap gaya membawa karakteristik yang berbeda dan memiliki dampak berbeda pula pada anak-anak. Gaya pengasuhan juga memengaruhi hubungan antara orangtua dan anak.” Terang Patricia.

Selain itu, lanjut Patricia setiap gaya pengasuhan menggunakan pendekatan yang berbeda. Sebagai orangtua yang baik, beberapa hal yang perlu dilakukan adalah menerima anak apa adanya. Memupuk perasaan positif anak, menghargai usaha anak, sering memberikan motivasi, menunjukkan harapan realistis, menunjukkan kelebihan anak dan membiasakan menerima kelebihan anak. Tidak otoriter pada anak, jangan memberikan ancaman dan menghukum secara psikologis, dan anak perlu contoh dan instruksi yang konkret.

Mari kita memberikan pengasuhan positif, pengasuhan yang mendorong anak untuk disiplin dan mandiri, serta mendidik anak bagaimana membuat pilihan terbaik. Selamat Hari Anak Nasional. (HR)

Share This