• 08115699900
  • cukk93@gmail.com

Kerjasama Keling Kumang Group (KKG) dengan Ikatan Jurnalis Sintang (IJS), tidak terbatas hanya dalam acara kegiatan Keling Kumang saja. Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh IJS pun, Keling Kumang dapat turut berpartisipasi. Contohnya, pada kegiatan Pendidikan Deteksi HOAX di Aula Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Sintang, tanggal. 30 Maret 2019. Dalam kegiatan ini, Keling Kumang telah mengirimkan dua orang aktivisnya untuk turut serta.

Menurut Chief Executive Officer (CEO) Credit Union Keling Kumang, Valentinus, Dalam menentukan siapa aktivis yang akan diutus, tentu tidak asal main tunjuk. Aktivis yang dipilih harus yang tugas pokoknya sedikit-banyak ada korelasinya dengan kegiatan ini. Atas dasar itu, maka pilihan jatuh kepada aktivis yang ada di Business Development Department (BDD). Mengapa harus dari BDD? Karena BDD yang menangani penerbitan Invictus News, majalah komunitas yang diterbitkan oleh Keling Kumang.

Dalam lingkup BDD ini, ada 10 orang aktivis yang telah mengikuti Pelatihan Jurnalistik oleh Masri Sareb Putra*. Dan dari 10 aktivis tersebut, pilihihan jatuh kepada aktivis yang selama ini kerap berhubungan dengan para Jurnalis, yaitu Paulinus Arnando dan Devi Krisliati.

“Kedepan dunia teknologi informasi pasti akan semakin canggih. Media online atau situs web semakin menjamur. Konsekuensinya, akan semakin sulit untuk membedakan mana berita yang benar dan mana yang hoax. Karena sulit dibendung, maka pengetahun untuk mampu memilah-milah menjadi semakin penting,” pungkas Valentinus.

 

Dalam pelaksanaan kegiatan Pendidikan Deteksi Hoax ini, lembaga yang dipimpin oleh Hery Lingga ini telah menggandeng pihak Hoax Crisis Center (HCC) Kalimantan Barat. Ada dua nara sumber HCC Kalimantan Barat, yaitu Ramses Tobing dan Ocsya Ade. CP. Menurut data yang diperoleh, kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dari berbagai organisasi masyarakat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretaritat Daerah Sintang, Kurniawan yang membacakan Kata Sambutan Bupati Sintang. Selain itu hadir juga Kepala Staf Distrik Militer (Kasdim) 1205 Sintang Mayor (Inf) Supriyono, Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Kepolisian Resort Sintang Kompol K. Pasaribu, dan Ketua Komisi A DPRD Sintang, Syahroni.

Kegiatan Pendidikan Deteksi Hoax ini, pada intinya terdiri dari dua bagian. Yaitu, pemaparan materi dan tanya-jawab seacara in-class, dilanjutkan dengan menggelar Kampanye Publik Anti Hoaks di Jalan Pangeran Muda Sintang. Secara keseluruhan acara, kegiatan IJS ini terbilang lancar dan sukses. (foto/narasi oleh kris lucas).

Share This