• 085345344887
  • cukk93@gmail.com

Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas tim dalam melakukan survey dan penyajian data laporan yang akurat, tim social performance Management Department (SPM), Credit Union Keling Kumang (Paskalis MY dan Edi Hendi), melakukan study ke Litbang Kompas Gramedia Group (KGG). Kegiatan berlangsung di Gedung Kompas Gramedia unit 2, Jakarta pada 28-31 Agustus 2018.

Materi yang dipelajari terdiri dari teori-teori survey, penyusunan kuesioner, metode dan media survey, pengambilan dan penghitungan sampling survey, pengolahan data dan penyajian laporan. Materi di isi lansung oleh tim Litbang Kompas yang terdiri dari : Rustiono Dwi Widodo, Reza felix M, Rini dan Luhur.

Melalui kegiatan ini pihak Litbang Kompas sangat menyambut baik dan antusias berbagi pengalaman. Pihaknya berharap apa yang telah dipelajari dapat diterapkan di  CU Keling Kumang, dan jika CU Keling Kumang memerlukan bantuan dalam hal training-training yang berkaitan dengan media Litbang Kompas siap membantu.

“Kami dengan senang hati menyambut dan dapat berbagi pengalaman dengan rekan-rekan dari CU Keling Kumang. Kita berharap apa yang telah dipelajari disini dapat di implementasikan dengan baik di lembaga teman-teman’’. Ujar Rini satu diantara pemateri saat memberikan sambutan.

Paskalis MY, DEM SPM mengatakan, kegiatan ini memang sudah lama direncanakan oleh tim. Sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas dan kapasitas tim SPMD dalam melalukan survey-survey serta dalam penyajian laporan yang baik dan menarik, serta yang tidak kalah penjingnya adalah bagaimana tim dalam menyusun materi survey sehingga hasilnya dapat merepresentasikan kondisi yang akan disurvey.

“Kita memilih Litbang Kompas, kita harus tahu sampai saat ini informasi yang disajikan Kompas dapat dipercaya karena metode dan keindependenan mereka (Litbang Kompas-Red). “Ujar paskalis.

Kepedan, lanjut paskalis mengalaman yang telah kita pelajari ini, sebagai modal kita dalam meningkatkan kualitas hasil survey kita.(EDH)

Share This