• 085345344887
  • cukk93@gmail.com

Pendidikan merupakan dasar dan landasan dalam berjalannya proses kehidupan. Mulai dari usia dini sampai saat berakhirnya kehidupan tidak lepas dari yang namanya belajar. Belajar dapat dilakukan secara formal maupun non formal. Belajar secara formal tidak bisa lepas dari yang namanya sekolah. Untuk dapat menjalani proses belajar di sekolah memerlukan dukungan, dari orang tua, keluarga, warga masyarakat, dan juga dari pribadi.

Pendidikan menjadi pondasi yang harus senantiasa dilaksanakan dari semua lapisan masyarakat. Secara khusus generasi-generasi penerus yaitu anak-anak. Untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi diperlukan biaya yang tidak sedikit.

Salah satu yang menjadi alasan sekaligus penghambat pendidikan adalah biaya. Sehingga banyak anak yang tidak dapat mengenyam pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi karena orang tua yang tidak mampu membiayai anaknya.

Credit Union Keling Kumang (CUKK) membantu memfasilitasi orang tua dalam mempersiapkan biaya pendidikan bagi anak-anak untuk dapat menempuh pendidikan ke jenjang tertinggi. Dalam hal ini CUKK menyediakan produk tabungan yaitu tabungan pendidikan (TAKAN Plus). TAKAN Plus sendiri terdiri dari tiga kategori. Kategori pertama adalah TAKAN Plus A, TAKAN Plus B, dan TAKAN Plus C.

Untuk dapat mengembangkan pelayanan keuangan yang berkelanjutan, CUKK melaksanakan sosialisasi TAKAN Plus ke banyak sekolah. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan oleh semua Branch Office (BO) CUKK di lima Kabupaten dan satu Kota Madya.

Untuk memaksimalkan pelayanannya, CUKK membentuk unit baru yaitu unit pendidikan anggota (PA) dan lebih khusus lagi untuk TAKAN Plus. PA TAKAN Plus melaksanankan sosialisasi TAKAN Plus ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sintang, Melawi, Sekadau dan Kapuas Hulu.

Sampai saat ini CUKK sudah melaksanakan sosialisasi Tabungan Pendidikan di 40 sekolah mulai dari TK, SD, SMP sampai dengan SMA. Sosialisasai TAKAN Plus dilakukan kepada siswa untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menabung dan mempertahankan budaya menabung tersebut “Perlu dilakukan sosialisasi TAKAN Plus karena untuk mempersiapkan pendidikan anak-anak dan poin pentingnya adalah kita mengajarkan budaya menabung dan berhemat” ungkap Subertus kepala Unit PA.

Kesadaran akan pentingnya menabung khusus pendidikan bagi anak masih relatif sedikit. Terbukti dari jumlah populasi di Kalimantan barat yaitu 5.3 juta jiwa hanya 81 ribu anggota Tabungan pendidikan. Artinya hanya 2% dari total populasi. Namun CUKK tidak pernah merasa lelah untuk memperjuangkan masa depan anak-anak sebagai generasi penerus dan harapan bangsa. Sosialisasi TAKAN Plus ini terus senantiasa dilaksanakan dari sekolah satu ke sekolah yang lainnya.

Antusias dan sambutan yang baik sangat terasa saat kunjungan ke sekolah hal ini membuktikan bagaimana kuatnya keinginan guru membuat siswa berhasil. “hal seperti ini sangat perlu dilaksanakan dan kami berterimakasih kepada CU Keling Kumang” Ungkap ibu Yunita salah seorang guru di SMP Josep Khatulistiwa Sintang.(HDS)

Share This