• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Jalan Menuju Jerman

Oleh: Francoes Mitter

(PIC Program Kerjasama Kuliah Luar Negeri Keling Kumang)

Ausbildung merupakan program pendidikan dan pelatihan profesi resmi dari Pemerintah Jerman. Program ini sudah ada sejak 1810 dan lulusannya diakui di seluruh dunia. Pemerintah Jerman secara serius mempersiapkan pelajar lulusan sekolah menegah yang ingin memasuki dunia kerja. Ini yang membuat Negara Jerman memiliki tingkat pengangguran yang rendah.

Ausbildung adalah contoh pendidikan non-degree (tanpa gelar) yang berhasil menciptakan tenaga kerja terampil. Walaupun hanya memberikan sertifikat, sertifikat ini diakui di seluruh dunia. Kok bisa ya? Karena berstandar internasional. Banyak perusahaan di dunia, khususnya di Eropa, mempekerjakan para lulusan Ausbildung.

Bagaimana saya bisa ikut Ausbildung di Jerman?

Belajar dan bekerja di Negara Jerman tentu merupakan sebuah pengalaman yang menarik sekaligus menantang. Mengapa? Karena kamu akan jauh dari orang tua dan menemui lingkungan yang benar-benar baru. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan dengan matang 3 hal ini, yakni Bahasa, Mental-Budaya, dan Birokrasi.

1.             Sertifikat B1

Kamu harus belajar Bahasa Jerman, minimal sampai level B1. Keling Kumang Language Center (KKLC) menyelenggarakan Kelas Bahasa Jerman online. Selanjutnya, ikuti ujian Bahasa Jerman resmi untuk mendapatkan Sertifikat B1.

2.             Workshop dan Penempatan Betrieb (perusahaan)

KKLC mewajibkan setiap calon peserta Ausbildung mengikuti workshop. Tujuannya adalah mempersiapkan kamu secara mental-budaya untuk mampu hidup dan tinggal di Jerman. Kamu akan belajar dan berlatih menulis application letter dan CV, training bertempat tinggal di Jerman serta food & beverages, training interview kerja, dll.

Kegiatan workshop akan menunjang keberhasilan kamu dalam penempatan betrieb. Kamu akan mengirimkan application letter dan CV ke perusahaan, menjalani interview dengan perusahaan, negotiation dan deal, dan penandatanganan kontrak. 

3.             Pengajuan Visa

Setelah tahap kesatu dan kedua di atas kamu lewati, maka tahap terakhir adalah pengajuan visa ke Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Kamu wajib menyiapkan secara tepat dan berurutan semua dokumen yang diperlukan untuk pengajuan visa. Kamu akan diwawancarai oleh staf kedubes Jerman. Jangan kuatir ya, kamu juga diajarkan dan dilatih untuk ini di kegiatan workshop.

Setelah visa keluar, maka kamu siap untuk berangkat ke Jerman.

Share This