• 08115699900
  • cukk93@gmail.com

“MAKING POSITIVE IMPACT ON THE LIVES OF PEOPLE” adalah tema yang diusung dalam Asian Credit Union Forum 2019 di Kuala Lumpur, Malaysia. Forum ini sendiri merupakan pertemuan tahunan yang diselenggarakan oleh Association of Asia Confederation Credit Union (ACCU) sebagai tempat membangun relasi, berbagi informasi dan pengalaman bagi para pelaku Credit Union (CU) di negara-negara Asia hingga Eropa. Sebanyak 563 peserta dari 24 negara Asia dan Eropa ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang berlangsung mulai 22-28 September 2019.

Perwakilan CUKK berkesempatan mengikuti workshop bertema Women and Youth dan Human Resource Development. Melalui workshop selama tiga hari ini, peserta mendapatkan pengetahuan baru dari pembicara, yaitu Gillian George (Pendiri Perusahaan Australian Mutuals Foundation). Paul Reginald Dawson (CEO Credit Union First Choice di Australia), Maribel Gulay-Isidro (Trainer Gender and Development Officer dari NATCCO), Badri Kumar Guragain (CEO National Cooperative Bank Ltd) dan Alexander Raquepo (Ketua Sta. Cruz Savings and Development Cooperative, Filipina).

Selain itu, ada pula sesi studi banding untuk mengunjungi CU dan koperasi di wilayah Kuala Lumpur, Malaka, dan Selangor. Sesi ini memungkinkan para peserta melihat langsung CU atau koperasi yang memiliki konsep-konsep menarik dalam mengembangkan bisnisnya. Menurut Martha Gondi, salah satu perwakilan dari pengurus CUKK, terdapat Koperasi Homestay Sungai Sireh, Selangor yang mengangkat konsep tempat menginap di rumah induk penduduk dengan desain rumah tradisional masyarakat asli Selangor, yang dikelilingi oleh taman dengan berbagai macam buah, bunga, dan tanaman obat-obatan. "Konsep ini sangat menarik. Pihak koperasi menyiapkan brosur paket perjalanan bagi para wisatawan. Mereka hanya memiliki 150 orang anggota yang langsung terlibat dalam pengelolaan 40 homestay. Sedangkan stafnya hanya berjumlah empat orang. Ide kreatif mereka dapat menjadi pembelajaran bagi pengembangan bisnis CUKK kedepan berkolaborasi dengan Keling Kumang Group," jelas Gondi.

Puncak dari Asian Credit Union Forum 2019 adalah open forum dan penganugerahan penghargaan ACCESS Branding bagi CU yang sehat dan memiliki keunggulan dalam pelayanan. Dalam open forum, peserta mendengar sharing pengalaman dari Dr. Brian Branch (CEO dan Presiden WOCCU) dan Dr. Troy Hall (CSO Credit Union South Carolina Federal), serta berdiskusi dengan sesama peserta mengenai praktik-praktik terbaik di lembaga masing-masing. Sedangkan dalam penganugerahan ACCESS Branding, diserahkan penghargaan kepada SAN JOSE KOOP (SJDM KBK) dari Filipina yang mendapatkan predikat BRONZE. Valentinus, CEO CUKK, mengungkapkan dalam tiga tahun kedepan CUKK memiliki target mendapatkan ACCESS Branding dengan predikat GOLD. "Kami sangat berharap partisipasi mulai dari staf dan anggota untuk dapat mewujudkan mimpi ini. Sudah saatnya CUKK dikenal sampai tingkat internasional," harap Valentinus.

Dengan mengikuti Asian Credit Union Forum 2019 ini, para perwakilan CUKK mendapatkan banyak pengetahuan baru yang dapat diterapkan untuk mewujudkan misi CUKK Melayani Anggota di Kalimantan Barat dengan Menyediakan Pelayanan Keuangan yang Bertanggungjawab dan Berkelanjutan untuk Menurunkan Kemiskinan dan Meningkatkan Standar Hidup. (SY)

Share This