• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Pernahkah kita berpikir untuk menghabiskan uang, tetapi hidup kita tetap sejahtera? Dalam webinar ketigabelas CU Keling Kumang (CUKK), Betty Deanira, RFP, seorang praktisi edukasi keuangan professional dan Co-Founder of Indonesia Financial Educator Community (IFEC) membagikan pengalaman dan pengetahuannya seputar menghabiskan uang dan tetap sejahtera. Webinar ini berlangsung pada 10 Desember 2020 lalu dan diikut sebanyak 75 orang peserta.

Pada pemaparannya, Betty menjelaskan bahwa ada banyak tantangan besar di sekitar kita yang menggoda untuk menghabiskan uang seperti penawaran di shopping mall, diskon di aplikasi belanja online, dan keinginan untuk menikmati liburan atau jalan-jalan bersama teman-teman. Betty juga berbagi pengalaman pribadi ketika ia menghabiskan banyak uang untuk gaya hidup yang berujung pada hutang berlebihan dan tingkat stres yang tinggi. Kebiasaan menghabiskan uang seperti ini bukanlah cara yang tepat, karena akan berujung pada kebangkrutan atau terlilit hutang. Maka, Betty berbagi cara menghabiskan uang yang lebih bijaksana, yakni membaginya pada tujuh pos keuangan dengan tepat. Pos-pos tersebut meliputi Pajak, Amal (minimal 2,5% pendapatan), Dana Darurat (3-6 bulan pengeluaran), Cicilan Hutang (maksimal 35%), Proteksi (minimal 10% pendapatan), Investasi (minimal 10% pendapatan) dan Biaya Hidup. 

Tips lain yang dibagikan Betty adalah memaksimalkan yang minimal dan sebaliknya. Misalnya, bagian Amal, Proteksi dan Investasi dapat dimaksimalkan, sedangkan Cicilan Hutang dapat diminimalkan. Kemudian, untuk gaya hidup dapat dibagi lagi menjadi Kebutuhan Dasar dan Tambahan, serta Gaya Hidup Aman dan Berisiko. 

Melalui webinar ini, CUKK berharap para anggota mulai menghabiskan uang mereka pada pos-pos yang tepat untuk mencapai hidup yang sejahtera.


(AJ)

Share This