• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Memiliki hunian nyaman di perkotaan tentu menjadi keinginan bagi banyak orang. Apalagi kalau tempat tinggal tersebut dapat mendukung pemilik untuk mengembangkan usaha produktif. Melihat pentingnya hal ini, CU Keling Kumang (CUKK) berkolaborasi dengan PERWIRANUSA (Perkumpulan Wirausahawan Rumah Rakyat Nusantara) membangun rumah tinggal dengan konsep home based enterprises (UMKM berbasis rumah).

Jenis perumahan ini adalah yang perdana di Kabupaten Sintang. Tujuannya mendorong penghuni memiliki usaha budidaya perikanan. Perumahan berbasis UMKM ini berlokasi di Desa Manter, Kecamatan Sungai Tebelian, Kabupaten Sintang. Lokasinya sangat strategis, berjarak hanya lima menit dari Bandara Sungai Tebelian. Luas tanah adalah 10x15 meter dengan dua pilihan tipe hunian 36 dan 45. Setiap orang yang menempati rumah ini sudah mendapatkan fasilitas sumur bor, listrik 1.300 kwh, kolam ikan dan bibit ikan lele. Selain itu, pemilik rumah di perumahan Griya Tebelian berbasis UMKM ini akan mendapatkan penyuluhan setiap periode dan melakukan transaksi jual beli hasil budidaya ikan, sehingga dapat menjadi investasi yang menguntungkan. 

Untuk masyarakat yang ingin berinvestasi dan memiliki unit-unit di perumahan Griya Tebelian berbasis UMKM, masyarakat harus sudah menjadi anggota CUKK. Pengajuan pinjaman dapat dilakukan dengan mengisi formulir permohonan pinjaman, melampirkan buku keanggotaan SISKA dan buku tabungan Permata (KPR) dan menyerahkannya pada bagian kredit CUKK di setiap kantor pelayanan. 

Melalui program ini, CUKK ingin mengajak masyarakat untuk mengembangkan usaha produktif dimulai dari rumah atau tempat tinggal masing-masing.

(DK dan AJ)

Share This