• +628115711132
  • invictus93@cukelingkumang.com

Di awal tahun seperti ini, sudahkah kita meninjau keuangan kita masing-masing? 

Menyadari pentingnya bagi anggota memahami dan melakukan peninjauan keuangan, CU Keling Kumang (CUKK) berkolaborasi dengan IFEC kembali mengadakan webinar dengan tema Tinjau Keuanganmu di Awal Tahun 2021. Webinar ini berlangsung pada 16 Februari 2021 dan diikuti 66 peserta. 

Dalam pemaparannya, Olivia, ST, MM, CFP®, AWP™ selaku Financial Educator dan Co Founder IFEC mengatakan peninjauan keuangan penting untuk dilakukan, agar tiap orang dapat menentukan langkah-langkah dalam mencapai tujuan keuangan di masa kini dan depan. Menurut Olivia, idealnya peninjauan keuangan dilakukan setiap enam bulan sekali. Pengecekan di tengah tahun dapat memudahkan apabila ada masalah keuangan atau ada perubahan dari anggaran yang sudah ditentukan. Misalnya saja, karena situasi ekonomi atau pendemi seperti saat ini. Selain itu, untuk menerapkan hal ini, setiap orang perlu memiliki catatan pengeluaran, neraca keuangan yang berisi aset dan tujuan keuangan tahunan. 

Pembahasan ini disambut dengan antusias oleh peserta. Beberapa orang juga berbagi pengalamannya. Asnah, anggota CUKK BO Lengkenat mengatakan ia cukup kesulitan mencatat pengeluaran harian karena merasa kerepotan bila harus membawa buku bersamanya. Padahal pencatatan menjadi syarat untuk dapat meninjau keuangan keluarganya. Mendapati kesulitan ini, Olivia menyarankan Asnah untuk mencatat pengeluaran menggunakan handphone agar tidak perlu repot membawa buku.

Melalui webinar ini, CUKK berharap setiap anggota dapat memulai meninjau keuangannya. Ibarat medical check up di mana kita dapat mengantisipasi dan menangani lebih awal penyakit-penyakit dalam tubuh, demikian pula dengan peninjauan keuangan. 

(AJ)

Share This